Selasa, 09 Oktober 2018

PERKEMBANGAN BISNIS IT DI INDONESIA


Menurut saya, perkembangan bisnis IT di Indonesia sudah sangat pesat. Kemajuan perkembangan bisnis IT di Indonesia ini salah satunya disebabkan oleh Proyek Palapa Ring, proyek ini merupakan proyek telekomunikasi berupa pembangunan serat optik di seluruh Indonesia. Proyek ini diharapkan akan selesai dan dapat beroperasi pada tahun 2019. Dengan adanya proyek ini diharapkan memberikan pertumbuhan dan pemerataan pembangunan sosial ekonomi melalui ketersediaan infrastruktur jaringan telekomunikasi berkapasitas besar.


Selain Proyek Palapa Ring, komunitas startup di Indonesia sudah banyak sekali. Startup merupakan seseorang yang baru merintis usaha dalam bidang digital.  Komunitas ini menawarkan berbagai solusi terhadap persoalan sehari-hari diantaranya seperti Go-Jek dan Tokopedia. Siapa yang tak tahu Go-Jek? Go-Jek merupakan transportasi online besutan anak bangsa yang tak lepas dari campur tangan investor. Go-Jek pada awalnya hanya menawarkan layanan transportasi ojek online, lalu pada tahun 2015 Go-Jek membuat aplikasi mobile memudahkan pemesanan, mulai dari layanan cleaning service, layanan angkut barang, layanan kurir, pesan antar makanan dan masih banyak lagi. Kiprah Go-Jek memaksilkan layanan yang kini begitu besar di Tanah Air juga memdapat bantuan dana dengan jumlah yang bombastis. Go-Jek mendapat putaran pendanaan dari berbagai perusahaan seperti NSI Ventures, Sequoia Capital dan DST Global, Tencent dan JD.com hingga Google pun turun memberikan bantuan dana. Oleh karena itu, Go-Jek menjadi startup pertama di Indonesia yang mengantongi predikat unicorn, yang merupakan predikat bagi suatu perusahaan atau startup yang memiliki valuasi diatas 1 miliar dollar AS atau sekitar Rp 13,8 triliun. 


Sama seperti Go-Jek, Tokopedia pun membuat startup E-Commerce lokal yang bertahan sampai saat ini dalam persaingan dengan perusaan besar seperti Lazada, Rakuten dan lain-lain. Tokopedia didirikan oleh anak bangsa yaitu William, perjuangan William dimulai ketika kondisi memaksannya untuk tetap survive saat dihadapkan pada kenyataan bahwa ayahnya mulai jatuh sakit, bersama temannya, Leontinus, mereka tak penah menyerah dan mempunyai keberanian dalam berbisnis khususnya dibidang IT.  Tokopedia merupakan situs yang paling muda yang berhasil masuk ke dalam jajaran elite yang banyak dikuasai situs asing dan merupakan salah satu pendiri awal IDeA (Indonesia E-Commerce Association) yang telah mendapatkan banyak investasi salah satunya dari Group Alibaba. Sejak mendapat bantuan dari Group Alibaba, Tokopedia mendapat predikat unicorn setelah 8 tahun tokopedia berdiri.  

 
Selain startup dan proyek palapa ring, masih banyak lagi bisnis IT yang sudah mengepakkan sayapnya di Indonesia. Contohnya seperti Web Development, Web Development ini sendiri sudah banyak digunakan diberbagai bidang perusahaan, pendidikan maupun pemerintahan. Biasanya web ini digunakan untuk memberikan informasi, promosi atau bisa juga untuk pedaftaran.  Contohnya yaitu perusahaan Telkom yang didirikan bersama dengan Indosat pada tahun 1995. 


Dari paparan diatas, dapat disimpulkan bahwa perkembangan bisnis IT di Indonesia sudah semakin maju. Bukan tidak mungkin faktor perkembangan tersebut salah satunya dibesarkan oleh anak bangsa tentunya dengan keberanian dan pantang menyerah sehingga kita mampu menyaingi bisnis asing. 


            


0 komentar:

Posting Komentar