Rabu, 22 Juni 2016

PENGARUH BUDAYA TERHADAP PERKEMBANGAN TEKNOLOGI



ARTIKEL
ILMU BUDAYA DASAR

“PENGARUH BUDAYA TERHADAP PERKEMBANGAN TEKNOLOGI“



 


 
Disusun Oleh :
Rahma Indah Safitri
55415553



KELAS 1IA03
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
TEKNIK INFORMATIKA





PENGARUH BUDAYA TERHADAP PERKEMBANGAN TEKNOLOGI
           
            Kali ini saya akan membahas tentang pengaruh budaya terhadap perkembangan teknologi khususnya teknologi infomasi atau teknologi industri. Dalam kehidupan manusia di era ini memang teknologi tidak dapat dipisahkan dalam kehudupan manusia. Mulai dari bangun tidur, sedang melakukan aktvitas hingga tidur lagi. Semua nya akan beruhubungan dengan teknologi.
            Perkembangan teknologi sangatlah pesat terlebih lagi dalam bidang industri dan komunikasi. Dari perkembangan teknologi inilah timbul efek terhadap budaya kehidupan manusia yang signifikan dari pengaruh positif yang menguntungkan sampak perngaruh negaif yang merugikan bahkan bisa saja sampai merusak moral manusia.
            Teknologi adalah cara pengetahuan untuk membuat atau melakukan sesuatu yang berkaitan dengan produksi. Sedangkan budaya adalah kerangka acuan perilaku atau sikap bagi masyarakat pendukungnya yang berupa nilai-nilai kebeneran, keindahan, keadilan , kemanusiaan dan lainnya yang berpengaruh sebagai kerangka untuk membentuk pandangan hidup manusia yang relatif menetap.
            Perkembangan dan kemajuan dalam segi apapun sangat diinginkan oleh setiap manusia untuk perubahan dalam kehidupan bermasyarakat. Beragam teknologi diciptakan yang memungkinkan manusia untuk bisa memilih apa yang diinginkan tanpa adanya aturan. Dari berkembangnya teknologi yang sangat pesat, peran serta masyarakat sangatlah besar dari perkembangannya. Hal ini dikarenakan perubahan yang sangat cepat dalam teknologi yang telah merubah sebagian besar masyarakat Indonesia bahkan masyarakat dunia. Masyarakat telah mampu berkomunikasi dengan jarak jauh dan memperoleh informasi dalam waktu yang singkat.
            Teknologi akan selalu berkembang dari tahun ke tahun. Siap atau tidak, suka atau tidak, setiap manusia pasti memerlukan teknologi untuk beraktivitas. Perkembangan teknologi terjadi karena adanya pengaruh dari globalisasi dan negara maju yang semakin marak. Berkat kemajuan ilmu dan teknologi, manusia dapat menciptakan alat-alat serta perlengkapan yang canggih untuk berbagai kegiatan sehingga manusia dapat melakukannya denagn efektif dan efisien.
            Namun, seiring berkembangnya teknologi yang dapat memunculkan teknologi baru dalam kehidupan bermasyarakat, berarti kita ikut serta mempengaruhi tergesernya nilai-nilai budaya Indonesia. Banyak masyarakat Indonesia, khususnya generasi muda yang sekarang ini lebih suka terhadap budaya asing dibanding dengan  budaya sendiri. Hal ini yang menuntut kita harus lebih waspada dalam menerima budaya luar/asing. Untuk itu pengaruh ilmu pnegetahuan dan teknologi dalam pembentukan budaya mempunyai dampak positif dan negatif.
Dari dampak positif yang ditimbulkan adalah kecepatan dan ketepatan memperoleh informasi dari berbagai penjuru dunia kemudian kita dapat melakukan komunikasi dengan sanak saudara maupun teman menggunakan teknologi walaupun terpisahkan oleh jarak.  
Sedangkan dampak negatif yang ditimbulkan adalah terciptanya sifat dan ketergantungan kepada teknologi yang semakin canggih sehingga banyak orang yang mulai melupakan nilai-nilai kebudayaan yang ada di Indonesia. Sebagai contoh, perhatikan anak-anak zaman sekarang dengan anak-anak zaman dahulu. Anak-anak zaman sekarang lebih senang bermain dengan gadget dibanding dengan permainan tradisional yang merupakan salah satu kebudayaan Indonesia. Dengan hal-hal tersebut, maka anak-anak tersebut tidak dapat mengenal bahkan melestarikan budaya yang ada di Indonesia.
            Kita tidak dapat mengelak ataupun melawan kemajuan teknologi tersebut. Yang bisa kita lakukan adalah mengikuti perkembangan teknologi dengan memanfaatkannya dengan baik dengan menyaring kebudayaan luar yang dapat menimbulkan dampak negatif bahkan yang dapat merusak moral masyarakat Indonesia.
Pada hakikatnya, kemajuan teknologi dan pengaruhnya dalam kehidupan adalah hal yang tak dapat kita hindari. Tetapi, kita dapat melakukan tindakan yang bijaksana terhadap diri kita sendiri, keluarga dan juga masyarakat luas agar kemajuan teknologi yang semakin dahsyat ini tidak sampai menggeser jati diri kita sebagai manusia yang memiliki norma dan juga nilai-nilai pekerti yang luhur. So, choose a foreign culture which will give a positive value to the life of society.







Kesimpulan
Dari perkembangan teknologi informasi saat ini sesungguhnya sangatlah berpengaruh terhadap kebudayaan di Indonesia bahkan lebih banyak dampak negatif yang ditimbulkan, jika kesadaran manusia akan kebudayaan Indonesia sudah tidak ada maka lama kelamaan semakin canggihnya teknologi mengakibatkan semakin punahkan kebudayaan di Indonesia. Karena itu alangkah baiknya kita untuk tidak terlalu candu terhadap teknologi kyang semakin canggih, dan gunakanlah teknologi tersebut dengan kebutuhannya saja dan kesadaran akan budaya yang ada sangatlah diperlukan agar kebudayaan di Indonesia bisa tetap di lestarikan dan tidak hilang begitu saja.

Saran
Terdapat berbagai cara yang dapat kita lakukan untuk mengurangi pengaruh negatif yang datang bersama dengan berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi agar budaya kita tidak hilang karena tergerus oleh derasnya modernisasi, diantaranya yaitu dengan membuat sebuah filter (penyaring) yang paling mendasar dalam diri kita sendiri yaitu kita kembali kepada ajaran agama. Keimanan dan ketakwaan yang teguh akan menyaring pengaruh kebudayaan barat dan kebudayaan bangsa lain. Hal ini harus dilakukan oleh segenap tokoh agama, masyarakat, pendidik dan para pemimpin.

1 komentar:

  1. Maaf pemaparan atau penjelasan budaya yang signifikan tentang budaya mempengaruhi teknologi itu sendiri kok kayaknya tidak ada kejelasannya ya? Mungkin bisa ditambahkan contoh nyata dr budaya yang mampu mempengaruhi supaya jelas judul artikelnya. Thank you

    BalasHapus